Kamis, 17 Februari 2011

Biar Tambah Lancar

Gadis Ngobrol

Pencernaan yang baik adalah kunci buat hidup sehat. Soalnya, berarti semua proses pembuangan racun dan penyerapan nutrisi dalam tubuh kita berjalan mulus. Ini dia beberapa cara supaya kita nggak susah buang air besar dan sistem pencernaan kita lancar.

Kunyah Terus
Semakin lama mengunyah suatu makanan sebelum kita telan, semakin mudah tubuh kita mencerna makanan itu. Soalnya makanan itu sudah dalam bentuk yang lebih halus. Jadi, cobalah kunyah makanan lebih lama, makan menggunakan sumpit, atau makan dalam potongan-potongan yang lebih kecil. Semua itu bisa membantu pencernaan lebih lancar lho!

Banyak Minum
Salah satu penyebab utama kita sulit buang air besar (konstipasi)adalah karena kita nggak cukup minum. Kalau dibiarkan terus menerus, konstipasi bisa membuat bakteri baik dan jahat dalam tubuh jadi nggak seimbang. Pasti sudah tahu kan, kalau tubuh kita butuh setidaknya 2 liter air per hari?

Cukup Serat
Makanlah makanan yang mengandung cukup banyak serat. Misalnya, salad, gandum, apel, buah-buahan kering atau kacang-kacangan seperti kacang polong. Dengan makan cukup serat, kita bisa menghindari konstipasi dan sakit perut yang berkepanjangan.

Nikmati Makanan
Menikmati makanan kita berarti makan dengan nggak terburu-buru dan menciptakan suasana yang nyaman buat makan. Percaya atau nggak, kalau makan dengan santai dan perlahan, tubuh bakal lebih mudah mencerna makanan.

Gerak Yuk!
Berjalan keliling komplek rumah selama 10 menit saja bisa membantu pencernaan kita jadi lebih lancar lho! Soalnya dengan bergerak dan berolahraga, kita memperlancar gas-gas yang ada di perut kita dan menghindari perut kembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my playlist


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com